1. Pengertian
Scratch
Scratch adalah bahasa pemrograman yang didesain untuk
memperkenalkan konsep pemrograman
komputer secara sederhana sehingga dapat dipahami oleh siapapun dari berbagai
latar belakang. Scratch menampilkan
antar muka yang sangat sederhana dan mudah digunakan. Konsep pemrograman
scratch divisualisasikan dalam bentuk blok-blok program seperti memasang sebuah
puzzle.
Scratch dapat digunakan untuk membuat
aplikasi, animasi, dan games. Selain
itu, Scratch juga memudahkan siswa
memahami konsep logika matematika dan komputer. Dengan Scratch konsep pemrograman dapat dipahami dengan mudah dan
menyenangkan. Bahasa pemrograman ini
dibuat oleh MIT Media Lab dari Massachusetts Institute of Technology. Program ini dapat didownload pada http://scratch.mit.edu/ di
dalam website ini juga terdapat
berbagai macam contoh project aplikasi,
animasi dan games yang dibuat dengan Scratch.
Gambar 2.5 Website scratch.mit.edu
1.
Komponen-komponen Pada Scratch
Berikut ini adalah
tampilan dan penjelasan fungsi toolbox
yang ada pada Scartch
a. Toolbar
Gambar 2.6 Toolbar icon
Pada gambar toolbar berikut
terdapat beberapa menu atau pilihan seperti Language, File, Edit, Tips,
About, Duplicate, Delete,
Grow, Shrink dan Block Help
berikut penjelasan dan fungsi menu toolbar tersebut.
Kelompok toolbar berikut terdiri dari 10 menu
yaitu :
1) Languange
atau Bahasa, berfungsi untuk mengubah bahasa
2)
File
3)
Edit
4)
Tips
5)
About
6) Duplicate,
berfungsi untuk menggandakan objek dalam kolom sprite
7) Delete,
berfungsi untuk menghapus suatu objek dalam kolom sprite
8) Grow,
berfungsi untuk memperbesar suatu objek dalam kolom sprite
9) Shrink,
berfungsi untuk memperkecil suatu objek dalam kolom sprite
10) Block Help,
berfungsi sebagai tips dalam membuat suatu objek dalam kolom sprite
b. Blocks Palette
Scripts
Gambar 2.7 Blocks Palette Scripts
Blocks Palette adalah Blok untuk
memprogram sprite. Blocks Palette
Scripts adalah Blok yang berisi fungsi atau kode perintah untuk memprogram suatu sprite. Script pada program Scratch divisualisasikan dalam
bentuk blok-blok program seperti memasang sebuah puzzle.
1)
Motion
Digunakan untuk menggerakkan sprite sesuai keinginan.
Gambar 2.8 Motion
2)
Looks
Digunakan untuk melakukan pengaturan tentang
tampilan sprite.
Gambar 2.9 Looks
3)
Sound
Digunakan
untuk melakukan pengaturan tentang suara yang
akan digunakan dalam games.
Gambar 2.10 Sound
4)
Pen
Digunakan
untuk membuat gambaran bayangan pada sprite.
Gambar 2.11 Pen
5)
Data
Berisi perintah-perintah yang digunakan untuk
membuat variable sesuai yang
kita butuhkan untuk melakukan perintah dari operator.
Gambar
2.12 Data
6)
Events
Berisi
perintah awal suatu kejadian untuk membuat kapan suatu sprite dapat bergerak.
Gambar 2.13 Events
7)
Control
Berisi
perintah-perintah untuk melakukan kontrol
terhadap sprite sesuai dengan
perintah yang kita inginkan seperti mengontrol waktu, perulangan dan logika If.
Gambar 2.14 Control
8)
Sensing
Untuk mengatur apabila sprite akan menyentuh sesuatu sesuai perintah.
misalnya, sensor digunakan untuk memberi aba-aba apa yang harus dilakukan objek
ketika objek lain disentuh, mengatur apa yang akan terjadi ketika tombol spasi
pada mouse ditekan
Gambar 2.15 Sensing
9)
Operator
Operator digunakan
untuk memberi perintah menjalankan operasi matematika seperti penjumlahan,
pengurangan, atau juga untuk membuat hubungan antar objek misalnya dengan
memilih operator “dan” atau “atau”.
Gambar 2.16 Operator
10)
More Blocks
Berisi
perintah untuk membuat blocks baru
jika diperlukan
Gambar 2.17 More Blocks
c. Blocks Palette
Costumes
Gambar 2.18
Tampilan Blocks Palette Costumes
Costumes
merupakan bagian pencetak tokoh. Tokoh-tokoh yang akan dibuat games maupun film animasi bisa di bentuk
disini, bisa diambil langsung dari program scratch,
bisa juga di import dari komputer.
d. Blocks Palette
Sound
Gambar 2.19 Tampilan Block Palette Sound
Sound
merupakan suara dari komputer untuk games
maupun animasi yang kita buat. Kita bisa mengimport suara dari komputer dan
kita juga bisa membuat instrumen sendiri dari Block Pallete bagian sound.
e. Stage
Gambar 2.20
Tampilan Stage
Stage
adalah Tempat untuk melihat
cerita, animasi, atau game yang telah dibuat. Stage terdiri dari dari beberapa
komponen berikut :
1) Sprite, di bagian kanan bawah itu ada sprite 1. Sprite bisa
diperbanyak lagi dan di edit sesuai kebutuhan.
2) Stage Backdrop atau Background,
merupakan latar belakang agar games ataupun film animasi yang kita buat bisa
lebih menarik.
3) Green
Flag, Untuk Menjalankan script dari
cerita yang telah dibuat
4)
Stop Sign, Untuk menghentikan semua script dari sebuah cerita
5)
View Mode, Untuk mengubah stage
menjadi besar atau kecil
6)
New Sprite Button, Membuat sebuah karakter baru atau objek untuk
project kita.
Fungsi gunting itu buat apaa?
BalasHapusCut
HapusUntuk menghapus sprit
HapusBagaimana caranya mengcopy blok blok kode dari satu sprite ke sprite yang lain?
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
HapusApa saja tombol sprite, sebut dan jelaskan
BalasHapusMau tanya kak, jumlah kelompok perintah scratch versi 1.4 berapa ya kak?
BalasHapusJika ingin menambahkan fitur pada jendela scratch , fitur apa yang kamu sarankan? Mengapa?
BalasHapusnice information min
BalasHapusPenjepit pcb
fungsi when i receive message itu untuk apa ya?
BalasHapusjudul jurnalnya apa ya kak?
BalasHapus