Pages - Menu

Minggu, 19 Oktober 2014

Scratch

1.      Pengertian Scratch

           Scratch adalah bahasa pemrograman yang didesain untuk memperkenalkan   konsep pemrograman komputer secara sederhana sehingga dapat dipahami oleh siapapun dari berbagai latar belakang. Scratch menampilkan antar muka yang sangat sederhana dan mudah digunakan. Konsep pemrograman scratch divisualisasikan dalam bentuk blok-blok program seperti memasang sebuah puzzle. Scratch dapat digunakan untuk membuat aplikasi, animasi, dan games. Selain itu, Scratch juga memudahkan siswa memahami konsep logika matematika dan komputer. Dengan Scratch konsep pemrograman dapat dipahami dengan mudah dan menyenangkan. Bahasa pemrograman ini dibuat oleh MIT Media Lab dari Massachusetts Institute of Technology.  Program ini dapat didownload pada http://scratch.mit.edu/ di dalam website ini juga terdapat berbagai macam contoh project aplikasi, animasi dan games yang dibuat dengan Scratch.
Gambar 2.5 Website scratch.mit.edu

1.      Komponen-komponen Pada Scratch

Berikut ini adalah tampilan dan penjelasan fungsi toolbox yang ada pada Scartch

a.       Toolbar

Gambar 2.6 Toolbar icon

    Pada gambar toolbar berikut terdapat beberapa menu atau pilihan seperti Language, File, Edit, Tips, About, Duplicate, Delete, Grow, Shrink dan Block Help berikut penjelasan dan fungsi menu toolbar tersebut.
Kelompok toolbar berikut terdiri dari 10 menu yaitu :
1)      Languange atau Bahasa, berfungsi untuk mengubah bahasa
2)      File
3)      Edit
4)      Tips
5)      About
6)      Duplicate, berfungsi untuk menggandakan objek dalam kolom sprite
7)      Delete, berfungsi untuk menghapus suatu objek dalam kolom sprite
8)      Grow, berfungsi untuk memperbesar suatu objek dalam kolom sprite
9)      Shrink, berfungsi untuk memperkecil suatu objek dalam kolom sprite
10)  Block Help, berfungsi sebagai tips dalam membuat suatu objek dalam kolom sprite

b.      Blocks Palette Scripts

Gambar 2.7 Blocks Palette Scripts

                     Blocks Palette adalah Blok untuk memprogram sprite. Blocks Palette Scripts adalah Blok yang berisi fungsi atau kode perintah untuk memprogram suatu sprite. Script pada program Scratch divisualisasikan dalam bentuk blok-blok program seperti memasang sebuah puzzle.
1)      Motion
       Digunakan untuk menggerakkan  sprite sesuai keinginan.
Gambar 2.8 Motion
2)     Looks
    Digunakan untuk melakukan pengaturan tentang tampilan sprite.


Gambar 2.9 Looks
3)      Sound
      Digunakan untuk melakukan pengaturan tentang suara yang akan digunakan dalam games.

Gambar 2.10 Sound
4)     Pen
      Digunakan untuk membuat gambaran bayangan pada sprite.

Gambar 2.11 Pen
5)     Data
      Berisi perintah-perintah yang digunakan untuk  membuat variable sesuai yang kita butuhkan untuk melakukan perintah dari operator.
Gambar 2.12 Data
6)     Events
      Berisi perintah awal suatu kejadian untuk membuat kapan suatu sprite dapat bergerak.
Gambar 2.13 Events
7)      Control
      Berisi perintah-perintah untuk melakukan kontrol terhadap sprite sesuai dengan perintah yang kita inginkan seperti mengontrol waktu, perulangan dan logika If.
Gambar 2.14 Control 
8)      Sensing
      Untuk mengatur apabila sprite akan menyentuh sesuatu sesuai perintah. misalnya, sensor digunakan untuk memberi aba-aba apa yang harus dilakukan objek ketika objek lain disentuh, mengatur apa yang akan terjadi ketika tombol spasi pada mouse ditekan
Gambar 2.15 Sensing 
9)      Operator
      Operator digunakan untuk memberi perintah menjalankan operasi matematika seperti penjumlahan, pengurangan, atau juga untuk membuat hubungan antar objek misalnya dengan memilih operator “dan” atau “atau”.
Gambar 2.16 Operator
10)  More Blocks
      Berisi perintah untuk membuat blocks baru jika diperlukan  
Gambar 2.17 More Blocks

c.       Blocks Palette Costumes

Gambar 2.18 Tampilan Blocks Palette Costumes

       Costumes merupakan bagian pencetak tokoh. Tokoh-tokoh yang akan dibuat games maupun film animasi bisa di bentuk disini, bisa diambil langsung dari program scratch, bisa juga di import dari komputer.

d.      Blocks Palette Sound

Gambar 2.19 Tampilan Block Palette Sound

       Sound merupakan suara dari komputer untuk games maupun animasi yang kita buat. Kita bisa mengimport suara dari komputer dan kita juga bisa membuat instrumen sendiri dari Block Pallete bagian sound.

e.       Stage

Gambar 2.20 Tampilan Stage

    Stage adalah Tempat untuk melihat cerita, animasi, atau game yang telah dibuat. Stage terdiri dari dari beberapa komponen berikut :
1)   Sprite, di bagian kanan bawah itu ada sprite 1. Sprite bisa diperbanyak lagi dan di edit sesuai kebutuhan.
2)   Stage Backdrop atau Background, merupakan latar belakang agar games ataupun film animasi yang kita buat bisa lebih menarik.
3)      Green Flag, Untuk Menjalankan script dari cerita yang telah dibuat
4)      Stop Sign, Untuk menghentikan semua script dari sebuah cerita
5)      View Mode, Untuk mengubah stage menjadi besar atau kecil
6)      New  Sprite Button, Membuat sebuah karakter baru atau objek untuk project kita.






11 komentar:

  1. Fungsi gunting itu buat apaa?

    BalasHapus
  2. Bagaimana caranya mengcopy blok blok kode dari satu sprite ke sprite yang lain?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  3. Apa saja tombol sprite, sebut dan jelaskan

    BalasHapus
  4. Mau tanya kak, jumlah kelompok perintah scratch versi 1.4 berapa ya kak?

    BalasHapus
  5. Jika ingin menambahkan fitur pada jendela scratch , fitur apa yang kamu sarankan? Mengapa?

    BalasHapus
  6. fungsi when i receive message itu untuk apa ya?

    BalasHapus