Pages - Menu

Minggu, 26 Oktober 2014

Kata Pengantar

KATA PENGANTAR

       Puji syukur kehadirat Allah SWT atas petunjuk, rahmat, dan hidayah-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan kegiatan dan penyusunan laporan Pendidikan Sistem Ganda (PSG) / Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) tanpa ada halangan apapun sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Laporan ini disusun berdasarkan pengalaman dan ilmu yang penulis peroleh selama melaksanakan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) di Politeknik Negeri Bandung.
       Laporan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) yang telah penulis susun ini dibuat dalam rangka memenuhi tugas dari sekolah yang mana sebagai syarat untuk memenuhi tugas sekolah dan sebagai pertanggung jawaban atas kegiatan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) di Dunia Usaha dan Dunia Industri (DU/DI).
       Dengan ini penulis menyadari bahwa Laporan ini tidak akan tersusun dengan baik tanpa adanya bantuan dari pihak-pihak terkait. Oleh karena itu, pada kesempatan ini tidak lupa pula penulis mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarmya kepada semua pihak yang telah membantu penulis dalam kegiatan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) maupun dalam penyusunan Laporan ini. Ucapan terimakasih yang sebesar-besarnya penulis sampaikan kepada :
1.      Orang Tua saya yang telah memberikan saya izin, restu dan motivasi maupun  dalam segi material selama dalam penyusunan Laporan ini.
2.      Bapak Abdul Karim, S.H, M.IKom selaku Kepala Sekolah SMK Telkom Sandhy Putra Banjarbaru.
3.      Bapak Muhammad Husnul Ridho, S.Si selaku Ketua SMK Telkom Sandhy Putra Banjarbaru TA. 2013/2014 yang telah memberikan support, motivasi dan bimbingan atas segala pembekalan PRAKERIN.

4.      Bapak Ahmad Taufiq, S.ST selaku Sekretaris PRAKERIN SMK Telkom Sandhy Putra Banjarbaru TA. 2013/2014 yang juga telah memberikan support dan bimbingan atas segala pembekalan PRAKERIN.
5.      Bapak Rachman Fachriansyah, A.Md selaku Kepala Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan SMK Telkom Sandhy Putra Banjarbaru yang telah memberikan support, bimbingan segala pembekalan PSG, dan pelajaran selama bersekolah.
6.      Bapak Widdi Hermawan, S.Kom selaku pembimbing saya di SMK Telkom Sandhy Putra Banjarbaru yang telah memberikan saya masukan serrta bimbingan dalam pembuatan laporan ini.
7.      Ibu Yeni Susantiningsih, SE selaku guru penjemput PSG daerah Jakarta dan Bandung.
8.      Bapak Ade Chandra N, S.Si, M.T. selaku Kepala Jurusan Teknik Komputer dan Informatika Politeknik Negeri Bandung, yang telah bersedia menerima saya untuk melaksanakan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) di Jurusan Teknik Informatika Politeknik Negeri Bandung
9.      Bapak Iwan Awaludin, S.T, M.T, selaku pembimbing di Jurusan Teknik Komputer Politeknik Negeri Bandung, yang telah bersedia membimbing serta membantu saya dalam melaksanakan kegiatan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) selama 3 bulan di Politeknik Negeri Bandung
10.  Bapak Mara Sonang, A.Md, selaku staff Administrasi Jurusan Teknik Komputer di Politeknik Negeri Bandung yang telah banyak membantu saya dan bersedia menerima kami Praktek Kerja Industri di Politeknik Negeri Bandung
11.  Bapak/Ibu Guru yang ikut serta seluruh Staff dan Karyawan SMK Telkom Sandhy Putra Banjarbaru yang mana telah mendorong kami, baik dari segi material maupun spiritual sehingga Laporan ini dapat diselesaikan dengan baik dan lancar.
12.  Teman-teman satu kontrakan yang selalu ribut dan selalu memberikan saya semangat serta masukan sehingga saya dapat menyelesaikan laporan ini.
13.  Teman-teman angkatan 14 SMK Telkom Sandhy Putra Banjarbaru yang telah memberikan saya support sehingga saya dapat menyelesaikan laporan ini.
14.  Dan semua pihak lain yang telah ikut serta memberikan bantuan dan dorongan dalam proses penyelesaian Laporan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN).

       Kemudian semoga Laporan PSG ini dapat membantu kurikulum sekolah dalam pengembangan bakat dan minat siswa dibidang Aplikasi Web Programing, serta menjadi acuan atas meningkatnya kebutuhan SDM di industri Programing.
 Serta semoga anak-anak SMK Telkom Sandhy Putra Banjarbarudapat menentukan minat dan membaca perkembangan kebutuhan akan industri Programing ini yang semakin pesat. Dimana dunia Programing ini membutuhkan banyak sumber daya yang berkualitas, yang juga dimana dunia Programing sekarang ini juga dibutuhkan oleh publik untuk kegiatan sarana informasi dan komunikasi.
 Saya menyadari bahwa Laporan ini masih jauh dalam kesempurnaan, oleh karena itu kritik dan saran yang membangun sangat Saya harapkan demi kesempurnaan Laporan ini. Semoga Laporan ini dapat bermanfaat khususnya bagi penulis Laporan ini dan pada umumnya bagi para pembaca.

                                                                                 Bandung,       September 2014
                                                                                           
                                                                                                  Penulis   



Minggu, 19 Oktober 2014

Cover

LAPORAN

PENDIDIKAN SISTEM GANDA (PSG)


PENERAPAN JAVASCRIPT BERBASIS GAME DAN PEMBUATAN GAME PADA SCRATCH
DI POLITEKNIK NEGERI BANDUNG


Diajukan Untuk Melengkapi Persyaratan Dalam Menyelesaikan Pendidikan
Pada Sekolah Menengah Kejuruan Telekomunikasi Sandhy Putra
Banjarbaru Kalimantan Selatan




Dibuat oleh :


SITI AULIA NOOR
NIS  : 121967


SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN TELEKOMUNIKASI
SMK TELKOM SANDHY PUTRA BANJARBARU

TAHUN 2014

Scratch

Untuk Mendapatkan Aplikasi Scratch Silahkan klik disini

Game Balapan Mobil

Untuk Mendownload Game Balapan Mobil dengan Scratch klik disini

Saran

1.      Saran bagi tempat pelaksanaan PSG

a.   Tugas-tugas maupun pekerjaan hendaknya diberikan pekerjaan indoor ataupun outdoor secara rutin sehingga peserta tidak merasa jenuh saat pelaksanaan PSG.
b.      Memberikan suatu pekerjaan yang sesuai dengan jurusan dan kemampuan yang telah dibekali di sekolah oleh peserta PSG.
c.      Saya berharap agar kerja sama antara SMK Telkom dan Politeknik Negeri Bandung tetap terjalin dengan baik sehingga tahun berikutnya adik-adik tingkat saya yang berminat dapat melaksanakan PSG di Politeknik Telkom Bandung.

2.      Saran bagi sekolah

a.      Diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas pelajaran produktif untuk jurusan masing-masing.
b.  Meningkatkan pembekalan saat PSG sehingga ketika siswa melaksanakan PSG tidak mendapatkan kesulitan

c.   Saya berharap sekolah merespon dengan baik setiap pertanyaan dari peserta PSG baik dalam hal materi pembelajaran dan sebagainya.

Kesimpulan

       Pengalaman dan pengetahuan baru banyak sekali saya dapatkan selama kurang lebih 3 bulan saya melaksanaka PSG di Politeknik Negeri Bandung. Pengalaman yang mungkin tidak ada di lingkungan sekolah tapi ada di sini, banyak hal yang dapat saya dapatkan di tempat ini, mulai dari kerjasama, disiplin, kekompakan, tatak rama, dan sebagainya. Hal baru yang membuat saya lebih mengerti bagaimana saya harus bersikap dan bekerja saat berada di dalam lingkungan kantor yang sebenarnya.

A.      Kesimpulan

1.      Dengan melaksanakan Pendidikan Sistem Ganda (PSG) siswa dan siswi bisa menerapkan dan mengembangkan apa saja yang telah dipelajari selama belajar di SMK Telkom Sandhy Putra Banjarbaru.
2.  JavaScript adalah sekumpulan perintah khusus yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web yang lebih responsif dan interaktif.
3.      Dalam pembuatan koding javascript tidak bisa lepas dari koding html dan css. Html berfungsi untuk membuat halaman suatu web agar terlihat lebih dinamis, sedangkan css sendiri memungkin seseorang untuk mendesain sendiri tampilan web yang akan dibuatnya.
4.   Saat pengkodingan javascript anda harus memperhatikan fungsi dan dimana letak perintah koding tersebut
5.     Javascript berbeda dengan Java karena  Java merupakan bahasa pemrograman yang di desain untuk eksekusi cepat dan keamanan penulisan. Program java juga memerlukan metode yang eksklusif . java juga merlukan perlengkapan untuk melakukan deklarasi kelas. Sedangkan JavaScript memiliki kemampuan tinggi meskipun hanya dituliskan. Dalam beberapa baris perintah dinamis saja, hal itu terlihat dalam program hyper talk atau dBase bahasa pemrograman script ini juga dilengkapi alat alat yang dapat memudahkan para pengguna dari berbagai kalangan. Diantaranya adanya syntax yang mudah, fungsi-fungsi khusus yang terpasang.
6.   Scratch adalah suatu aplikasi yang dibuat khusus untuk memperkenalkan pemprograman dasar kepada anak-anak dalam bentuk visual.

7.    Untuk setiap pembuatan aplikasi, game maupun program dan sebagainya pada scratch yang perlu diperhatikan adalah penempatan variabel dan penyiaran pesan. Karena setiap variabel dan penyiaran pesan saling berhubungan. Jika salah menempatan variabel maka program tidak akan berfungsi. 

Pemecahan Masalah

1.         Pemecahan Masalah Saat Pembuatan Game Tebak Angka dengan Javascript

a.    Pastikan angka random benar-benar teracak dengan baik, jika angka random tidak teracak periksa kembali Fungsi Random dan Variable nya.

b.  Periksa posisi script html  tampilan tabel dan periksa script pada Fungsi Jawab pastikan penulisan script tidak terukar.
c.   Periksa variabel tebakan, baris, dan jwb pada Fungsi Jawab, pastikan penempatan variabel tidak tertukar lalu periksa nama onClick Button Jawab tidak tertukar.
2.       Pemecahan Masalah Saat Pembuatan Game Tebak Angka dengan Scratch
untuk pembuatan game balapan mobil. Memamng kelihatannya tidak terlalu susah.Tetapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan seperti :
a.  Background, Pastikan latar belakang berganti ke latar belakang selanjutnya, kemudian periksa letak script background ada yang salah/
b.    Car / Mobil, pastikan keadaan mobil stabil. Pada tahapan ini script yang dimasukan harus benar jika tidak jalannya mobil tidak akan stabil. Pastikan variabel tidak tertukar, karena setiap variabel berhubungan dengan pesan siaran. dimana jika suatu pesan di siarankan maka akan berpengaruh dengan jalannya game tersebut. Karena variabel berhubungn langsung dengan objek utama . 
c. Pesan start dan game over, pastikan pesan teks keterangan start ketika game mulai dijalankan teks menghilang, lalu periksa script bagian start yang salah. Begituk juga ketika game over pastikan pesan keterangan game over ditampilkan pada layar, lalu periksa script bagian game over yang salah.



Permasalahan Yang Dihadapi

Dalam Pembuatan Game ini ada beberapa masalah yang saya hadapi seperti

1.      Permasalahan Saat Pembuatan Game Tebak Angka dengan Javascript
a.       Angka Random tidak berubah atau teracak?
b.      Posisi data di dalam tabel tidak sejajar?
c.       Ketika Button Jawab di klik data yang ada pada Form tidak masuk ketabel dibawahnya?
2.         Permasalahan Saat Pembuatan Game Balapan Mobil dengan Scratch
a.       Background tidak dapat berganti ke background selanjutnya?
b.      Jalannya mobil tidak stabil dan ketika ketika di klik start?

c.       Pesan start dan pesan game over tidak keluar?

Prosedur Kerja - Game Balapan Mobil dengan Scratch

2.      Membuat Game Balapan Mobil / Car Racing

Gambar 3.11 Game Balapan Mobil

           Untuk Membuat game Balapan Mobil menggunakan Scratch, memerlukan 4 Sprite dengan diantaranya 2 Sprites yang sama namun berbeda codingnya. Perlu diingat bahwa ketika membuat game jangan sampai tertukar antara variable dan pesan yang disiarkan, karena dalam      permainan ini semua variable dan pesan yang disiarkan berkaitan satu sama lain dengan Sprites yang lainnya. Berikut urutan-urutan Sprites yang    digunakan ketika membuat Car Racing dengan Scratch.

a.      Background  


Gambar 3.12 Background

       Background merupakan latar layar pada permainan Car Racing. Untuk membuat pada stage menggunakan Backdrop.
1)      Masukkan stage background dengan mengklik ikon “Upload backdrop from file”. Setelah itu cari gambar yang digunakan sebagai Background pada Car Racing.
Gambar 3.13 Backdrop
Klik gambar lalu klik button “Open”.
Gambar 3.14 Open

       Pada block palette backdrop, tambahkan latar stage backdrop yang baru. Pilih “Upload backdrop from file” kemudian carilah gambar yang ingin di jadikan backdrop.
               
Gambar 3.15 Block Palette Backdrop
Pada bagian block palette scripts, tambahkan script seperti gambar dibawah ini
          

Gambar 3.16 Backdrop Script

b.      Car

Pada tahapan pembuatan fungsi mobil diperlukan 2 sprite yaitu sprite untuk mobil berwarna biru dan sprite untuk mobil berwarna merah.
1)       Car Blue
Buatlah sprite baru dengan mengklik “paint new sprite” lalu masukan gambar mobil berwarna biru
Gambar 3.17 Car Blue

Kemudian tambahkanlah script seperti pada gambar berikut 
Gambar 3.18 Car Blue Script
2)       Car Red
Buatlah sprite baru dengan mengklik “paint new sprite” lalu masukan gambar mobil berwarna biru
Gambar 3.19 Car Red

Kemudian tambahkanlah script seperti pada gambar berikut
Gambar 3.20 Car Red Script

c.       Keterangan Start

Buatlah Sprite baru dan pada block palette costumes masukan teks pada gambar berikut :

   Gambar 3.21 Start

Kemudian tambahkanlah script seperti pada gambar berikut
Gambar 3.22 Script Start

d.      Keterangan Game Over

Buatlah Sprite baru dan pada block palette costumes masukan teks pada gambar berikut
    
Gambar 3.23 Game Over


Kemudian tambahkanlah script seperti pada gambar berikut
              
           Gambar 3.24 Script Game Over

Jika semua Sprites telah dimasukkan maka akan seperti gambar dibawah ini.
Gambar 3.25 Tampilan Sprite